Pendiri Wikipedia Menantang Google



Pendiri Wikipedia Jimmy Wales berharap Wikia Search, sebuah proyek yang dia pelopori, akan mematahkan dominasi Google sebagai mesin pencari Internet yang paling luas digunakan.

Google dan raksasa saingannya Yahoo dan Microsoft mendominasi pasar mesin pencarian Internet yang menurut Wales telah menyebabkan beberapa kesalahan di antara pengguna web.

"Saat ini di AS khususnya kami berkonsentrasi kuat di industri ini," ujar Wales di Global Brand Forum di Singapura



Statistik industri menunjukkan lebih dari 90 persen pencarian Internet di Amerika Serikat dilakukan melalui tiga perusahaan itu, ujarnya.

"Sehingga banyak orang yang sangat prihatin tentang hal ini. Apakah kita ingin semua trafik, semua kontrol editorial kita disalurkan melalui satu, dua atau tiga perusahaan? Saya kira tidak. Saya pikir kita ingin memiliki pasar yang lebih luas dari itu."

Wales mengatakan Wikia Seardh akan dijalankan menggunakan platform terbuka, serupa dengan prinsip di balik Wikipedia, ensiklopedia online populer di mana entri-entrinya dibuat dan diedit oleh setiap orang yang terhubung dengan Internet.

"Semua mesin pencari yang ada merupakan kotak hitam pemilik," kata Wales. "Anda tidak memiliki ide bagaimana sesuatu dirangking dan apa yang terjadi."

Dengan Wikia Search, pengguna "dapat berpartisipasi dengan cara yang lebih berarti ketika mereka berselancar di Internet," ujarnya.
Read More…

0 komentar: